Home » , » KOLONIALISME DAN IMPREALISME BARAT DI INDONESIA

KOLONIALISME DAN IMPREALISME BARAT DI INDONESIA

Posted by El_9949 on Senin, 14 Mei 2012


KOLONIALISME DAN IMPREALISME BARAT DI INDONESIA

A.Kedatangan Bangsa Barat Di Indonesia.
Karena ingin mencari rempah-rempah, bnagsa Barat berlomba-lomba berlayar ke timur dan sampailah mereka di Indonesia. Kekayaan alam Indonesia yang berlimpah menimbulkan niat untuk menguasai kekayaan alam Indonesia tersebut. Inilah sikap awal munculnya kolonialisme dan imprelialisme di Indonesia.
1.Pengertian kolonialisme dan imprelialisme
Kolonilisme adalah : paham yang bertujuan menguasai daerah atau bangsa lain untuk memperluas wilayah kekuasaannya dengan menjadikannya koloni.
                Imprelialisme adalah : merupakan suatu paham yang bertujuan menjajah negara lain guna mendapatkan kekuasaan dan keuntungan.
2.Kedatangan Bangsa Spanyol di Indonesia.
Tahun 1492, Columbus memuali misi penjajahan untuk menemukan pulau hindia yang dikenal sebagai daerah penghasil rempah-rempah. Ketika mendarat di sebuah daerah yang kini dikenal sebagai kepulauan Benua Amerika. Columbus mengira telah sampai.
Tahun 1521, armada Spayol di bawah pimpinan Sebastian Del Cano mendarat di maluku dan membeli banyak rempah-rempah. Rempah-rempah itu di bawa ke Spayol menggunakan kapal Victoria.
Berita keberhasilan Sebastian Del Cano menemukan sumber rempah-rempah menjadi perbincangan yang luas di Spayol. Sejak saat itu kapal-kapal Spayol berduyun-duyun datang ke Maluku.
Selain misi ekonomi, penjelajahan Spayol juga membawa misi untuk menyebarkan agama Katolik. Pastor bernama Franciscus Xaverius menyebarkan agama Khatolik di Ambo, Ternate dan Morantai. Namun keberadaan Spayol di Maluku tidak berlangsung lama karena Portugis terlebih dahulu menguasai kepulauan Maluku.
3.Kedatangan Bangsa Portugis di Indonesia.
Akhirnya bangsa Portugis sampai di Ternate, Maluku tahun 1512. setelah menguasai Malaka dan Maluku. Portugis melebarkan sayapnya ke pulau Sumatera yang kaya lada. Namun, upaya tersebut kurang berhasil karena terhalang oleh kerajaan Aceh yang mendominasi jalur perdagangan lada di Sumatera.
4.Kedatangan Bangsa Belanda di Indonesia
Pada awalnya, bangsa Portugis berusaha merahasiakan rute perdagangan ke Benua Asia, namun, Rute itu dibocorkan seorang Belanda yang ikut dalam pelayaran perdanganan, yaitu Jan Huygen Van Linschoten. Ia  menerbitkan catatan perjalanan nya berjudul “ Catatan Perjalanan ke Timur”. Buku ini dilengkapi peta, gambaran wilayah dan jenis barang yang diperdagangkan. Berdasarkan inilah pelayaran dagang Belanda menuju Asia tahun 1595.
Pelayaran terdiri dari empat kapal yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman. Mereka tiba di Banten bulan juni 1596 dan terus bergerak ke timur menuju Kepulauan Maluku. Armada Cornelis de Houtman berhasil mengangkut banyak rempah-rempah dalam jumlah yang sangat banyak .kabar keberhasilan mereka mendapatkan rempah-rempah menyebar dengan cepat ke seluruh negeri Belanda. Sejak saat itulah pelayaran dagang bangsa Belanda berdatangan ke Indonesia.


Label

Asah Otak (2) B.Indonesia (1) Cheat (2) Download (8) FUN (2) IPS (5) Lain-Lain (1) Listrik (3) Pengetahuan (19) Permainan (4) PKN (9) Screen Saver (2) Software (2) Umum (2)

Popular Posts