Home » , » MASYARAKAT MADANI(CIVIL SOCIETY)

MASYARAKAT MADANI(CIVIL SOCIETY)

Posted by El_9949 on Rabu, 31 Oktober 2012


MASYARAKAT MADANI(CIVIL SOCIETY)

A.PENGERTIAN MASYARAKAT MADANI
Pengertian masyarakat madani menurut beberapa ahli:
1. Anwar ibrahim
Masyarakat madani adalah sistem sosial yang subur yang berasaskan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan perorangan dan kestabilan masyarakat
2.Menurut bangsa arab
civil society diterjemahkan sebagai masyarakat madani. Kata madani merujuk pada kota Madinah, berasal dari kata Madaniyah yang berarti beradab. Masyarakat madani berarti masyarakat yang berperadaban.

Secara umum masyarakat madani adalah masyarakat dimana anggotanya terdiri dari berbagai kelompok masyarakat yang berbeda etnis, agama, budaya serta dapat hidup dan bekerja sama secara damai.
B.CIRI-CIRI MASYARAKAT MADANI
a.)Ruang publik yang bebas, yaitu wilayah dimana masyarakat sebagai warga negara memiliki akses penuh terhadap setiap kegiatan publik.
b.)Toleransi adalah kesediaan individu untuk menerima pandangan-pandangan politik dan pola sikap sosial yang berbeda.
c.)Pluralisme adalah sikap mengakui dan menerima kenyataan disertaisikap tulus bahwa masyarakat itu majemuk.
d.)Keadilan sosial adalah keseimbangan dan pembagian yang proporsional antara hak dan kewajiban setiap warga negara yang mencangkup seluruh aspek.
e.)Partisipasi sosial. Partisipasi merupakan karakterristik yang harus ada dalam masyarakat madani. Tanpa adanya partisipasi, yang ada hanyalah demokrasi semu
f.)Supremasi hukum adalah adanya jaminan terciptanya keadilan tidak ada pengecualian untuk memperoleh kebenaran di atas hukum.
C.PROSES MENUJU MASYARAKAT MADANI
Prasyarat guna menuju masyarakat madani:
1.)Memiliki kualitas sumber daya manusia yang tinggi
2.)Memiliki kemampuan memenuhi kebutuhan pokok sendiri (mampu mengatasi ketergantungan) agar tidak menimbulkan kerawanan terutama bidang ekonomi
3.)Semakin mantap mengandalkan sumber-sumber pembiayaan dalam negeri ( berbasis kerakyatan)
4.)Secara umum telah memiliki kemampuan ekonomi, sistem politik, sosial budaya dan pertahanan keamanan yang dinamis, tangguh serta berwawasan global.


Label

Asah Otak (2) B.Indonesia (1) Cheat (2) Download (8) FUN (2) IPS (5) Lain-Lain (1) Listrik (3) Pengetahuan (19) Permainan (4) PKN (9) Screen Saver (2) Software (2) Umum (2)

Popular Posts