Home » , » BAB 4

BAB 4

Posted by El_9949 on Selasa, 07 Agustus 2012


A.Mengidentifikasi Sumber Informasi  Dengan Teknik Membaca Cepat.
Sumber informasi dari media cetak ataupun media elektronik  merupakan sumber yang tidak langsung sebab kita tidak berhubungan langsung dengan narasumbernya.Untuk menjadikan sebuah informasi yang berasal dari media cetak atau elektronik yang berbentuk tulisan,kita harus mengetahui atau mengidentifikasi sumber informasi tersebut.Apa,Siapa,Kapan
informasi tersebut dibuat atau ditulis.Jika berbentuk uraian peristiwa,dari mana dan kapan peristiwa itu terjadi . Setidaknya saat kita membaca sebuah teks tertulis , kita tahu identitas sumber bacaan yang kita baca.Khusus untuk teks tertulis,seseorang dapat mencari atau mengidentifikasi sumber tertulis tersebut dengan cara membaca memindai ( scanning ).Bila berbentuk buku , yang perlu kita ketahui adalah apa judul buku,siapa pengarangnya,siapa penerbitnya,kapanditerbitkannya, dan cetakan keberapa.Biasanya hal – hal tersebut dituliskan di halaman muka setelah judul.
Bila berbentuk teks berita di koran , Anda dapat mengetahuinya di halaman muka.Di tempat itu terdapat penjelasan tentang nama ,hari dan tanggal kapan dicetak atau diedarkan . Dalam uraian berita di koran , penyampai berita akan menulis kapan peristiwa tersebut terjadi ,misalnya tertulis (17/ 6),maksudnya peristiwa itu terjadi tanggal 17 bulan Juni . Biasanya peliputan dengan penyajian berita di koran hanya selisih satu hari.Selanjutnya keterangan tentang penulis  atau penyusun
berita sering dicantumkan di bagian akhir dari uraian berupa singkatannama atau nama pendek penulisnya.
B.Mengidentifikasi Jenis Teks Tertulis
Kita dapat mengidentifikasi jenis tulisan dengan membaca cepat serta memahami ciri tulisan masing-masing jenis . Tulisan berjenis narasi adalah tulisan yang berupa rangkaian peristiwa yang berlangsung pada waktu tertentu.Dari segi sifatnya , narasi terdiri atas narasi ekspositoris ,
narasi imajinatif,atau sugestif.Narasi ekspositoris contohnya :Laporan perjalanan , kisah biografi , atau autobiografi . Narasi imajinatif Contohnya : Cerpen , novel , atau cerita bersambung . 
a.)Tulisan berjenis deskripsi ialah tulisan yang berisi gambaran suatu objek sebagai hasil pengamatan penulisnya dan dijelaskan secara objektif agar pembaca dapat merasakan citraan terhadap objek sebagaiamana penulisnya . Contoh karangan deskripsi , yaitu deskripsi tempat , deskripsi
orang , dan deskripsi suasana .
b.)Tulisan berjenis eksposisi ialah tulisan atau karangan yang memaparkan serta menjelaskan tentang suatu hal. Tujuannya agar pembaca bertambah Wawasan dan pengetahuan . Contohnya yaitu tulisan tentang cara merawat wajah , langkah - langkah membaca efektif , dan lain sebagainya.
c.)Tulisan berjenis argumentasi ialah karangan yang berisi pendapat pengarang mengenai suatu hal dengan disetai berbagai alasan serta bukti -bukti pendukung yang masuk akal . Tujuannya memengaruhi atau meyakinkan pembaca terhadap apa yang menjadi pendapat pengarang.
Contohnya ialah tajuk rencana,attikel,karangan ilmiah,dan sebagainya. 
d.)Tulisan berjenis persuasi ialah tulisan atau karangan yang mengutarakan pendapat disertai bukti - bukti yang kuat dengan tujuan mengajak ,membujuk , menghimbau , atau memengaruhi pembaca agar melakukan tindakan sesuai dengan yang diharapkan penulis.Jenis karangan persuatif dapat dilihat pada tulisan yang bersifat propaganda,iklan,dan sebagainya.
C.Teknik Membuat Catatan
Pada saat membaca , banyak hal yang kemudian diketahui pembaca dari bacaan yang dibacanya . Hal yang diketahui tersebut dapat bersifat penting dan juga tidak penting . Informasi yang bersifat penting sayang jika dilewatkan , apalagi hal tersebut berguna bagi pembaca . Jika sulit untuk diingat , jalan satu - satunya harus dicatat . Mencatat informasi dari sebuah sumber atau bacaan gunanya adalah :
1 . Mendokumentasikan hal – hal penting bermanfaat suatu saat .
2. Mengumpulkan informasi untuk bahan penulisan .
3. Memudahkan mengingat kembali .
4 . Sebagai bahan kutipan dalam karangan ilmiah.
Hal - hal yang perlu dicatat dan dijadikan bahan catatan :
1. Ide pokok atau gagasan sentral setiap paragraf
2. Informasi penting dan menarik untuk diketahui atau diingat
3. Kata / frasa / kalimat yang merupakan kata kunci yang bermakna luas
4. Pendapat atau asumsi mengenai sesuatu
5. Detail atau fakta – fakta hasil survei atau penelitian ilmiah
6. Pemikiran , cara , atau metode baru serta tangapan atau jalan keluar
sebuah persoalan
D. Ciri Penanda Masalah , Gaya Tulisan , Fakta ,Opini ,Proses , Dan Hasil Yang Terdapat Dalam Teks
Teknik dan cara membuat catatan juga dapat dipergunakan untuk menelaah sebuah teks yang didalamnya terdapat uraian tentang suatu permasalahan . Uraian ini didukung oleh berbagai fakta dan opini serta penggambaran mengenai proses dan hasil yang diperoleh . 
E.Gaya Bahasa
Anda pun tahu bagaimana koran menguraikan sebuah berita , pasti berbeda tulisannya dengan tulisan tentang hukum , agama,dan sebagainya .Laras bahasa koran bersifat lugas , apa adanya , dan kadang memakai kata - kata yang tak lengkap , seperti ada pengurangan pada imbuhan tertentu untuk sebuah bentukan kata. 
Dalam uraian berita , juga terdapat penjelasan tentang proses melakukan sesuatu dan hasilnya . Misalnya , pada operasi razia barang bajakan yang dilakukan oleh polisi disebutkan bagaimana operasi berlangsung dan hasilnya . Uraian proses ditandai oleh adanya tahapan waktu. Proses waktu
ini ditandai dengan penggunaan kata hubung waktu , misalnya lalu,kemudian , setelah itu , atau selanjutnya . Untuk bentukan katanya menggunakan imbuhan pe – an , seperti penyerbuan , pengamatan . Penjelasan mengenai hasil biasanya ditunjukkan oleh kalimat yang menggunakan kata berakhiran –an , misalnya sitaan , bajakan .


Label

Asah Otak (2) B.Indonesia (1) Cheat (2) Download (8) FUN (2) IPS (5) Lain-Lain (1) Listrik (3) Pengetahuan (19) Permainan (4) PKN (9) Screen Saver (2) Software (2) Umum (2)

Popular Posts